-->
Merangkai Sendiri Kunci Pintu Digital

Merangkai Sendiri Kunci Pintu Digital

Merangkai Sendiri Kunci Pintu Digital

Kunci Pintu Elektronik atau juga Kunci Pintu Digital atau ada juga yang menyebutnya Kunci Pintu Otomatis sangatlah digemari oleh banyak penggemar elektronika, apalagi bisa merangkainya sendiri akan memiliki kepuasan tersendiri yang tak ternilai harganya. Kunci Pintu Digital yang sudah jadi memang banyak dijual di pasaran namun yang jadi masalah harganya yang begitu tinggi sehingga belum terjangkau oleh semua kalangan. Salah satu alternatif untuk memiliki kunci pintu digital yang murah adalah dengan merangkainya sendiri. Saya telah merangkai Kunci Pintu Digital ini sekitar 15 tahun yang lalu namun uniknya sampai sekarang masih berfungsi dengan baik tidak ada kendala.

Anda bisa melihat gambarnya diatas, saya dulu tidak mengenal apa itu solenoid yang jelas saya memanfaatkan barang bekas dari radio tape jaman dulu, seperti terlihat pada gambar yang saya namai solenoid. Dan saya membuat dudukannya untuk saya hubungkan dengan selot agar selot bisa bergerak membuka dan mengunci pintu. Saya rangkai sedemikian rupa agar bisa bekerja dengan baik. Namun sekarang anda sudah tidak pusing lagi untuk membuat dudukan selotnya karena sekarang sudah ada solenoid door lock yang khusus untuk kunci pintu seperti pada gambar berikut ini:
Namun harga Solenoid kunci ini masih terbilang mahal sekitar 150 ribuan per buahnya. Anda bisa membelinya di depo inovasi.

Rangkaian Kunci Pintu Elektronik ini pembukanya memakai kode angka, sebagai medianya saya gunakan PCB dan saya bentuk bulatan-bulatan yang menyerupai tombol sentuh. Gambarnya bisa anda lihat seperti berikut ini:
Sebagai kode pembuka anda harus menggunakan kode acak agar orang lain tidak mengetahuinya misal 1592.

Untuk rangkaiannya saya simpan di dalam pintu triplek dengan menorehnya berbentuk segi empat. Untuk lebih mudah buka tutupnya saya gunakan engsel kecil agar suatu saat mau memeprbaikinya atau merubah kodenya bisa dengan mudah. Gambarnya bisa anda lihat berikut ini:

Untuk merubah kodenya saya memakai sakelar on-off dan dihubungkan ke kode yang akan kita gunakan. Dengan memakai sakelar maka perubahan kode kunci menjadi mudah dan praktis.

Untuk Tampilan pintu bagian depannya anda bisa lihat berikut ini:


Untuk melihat videonya bisa anda lihat pada tayangan video youtube berikut ini:


Dan untuk melihat rangkaiannya dan juga cara kerjanya bisa anda lihat di : http://kumpulanrangkaianelektronik.blogspot.com/2013/08/skema-rangkaian-kunci-kode-elektronik.html

Demikian cara merangkai Kunci Pintu Elektronik sendiri ini semoga bermanfaat untuk anda. Selamat berkarya!

Sumber : http://www.tatangsobandi.com/2014/01/merangkai-sendiri-kunci-pintu-elektronik.html

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser