-->
Rangkaian Alarm Kecepatan Mobil

Rangkaian Alarm Kecepatan Mobil

Rangkaian Alarm Kecepatan Mobil

Ketika kita mengemudi terkadang kita tidak mengetahui kecepatan mobil kita, apalagi ketika kita berada di jalan tol yang jalannya begitu enak dan lurus, apabila terlalu cepat atau laju mobil melebihi kecepatan bisa mengakibatkan kecelakaan yang siapapun tidak ingin terjadi. Maka diperlukanlah Rangkaian Alarm Kecepatan Mobil ini untuk mengingatkan sang sopir yang tidak memperhatikan kecepatan karena jalan yang enak dan lurus. Rangkaian inipun bisa diatur kecepatannya, misalnya kita atur ketika melebihi angka 100km/ maka alarm harus berbunyi.
Skema Rangkaian Alarm Kecepatan Mobil


Cara kerja rangkaian:
Sebuah buzzer piezo akan berbunyi. Pulsa Kecepatan dimasukkan ke dasar Q1 dan bentuk gelombang yang dihasilkan pada kolektor diberi makan melalui jaringan RC ke input dari sebuah konverter LM2917 frekuensi ke tegangan, IC1. Tegangan yang dihasilkan diumpankan ke tiga pembanding (IC2d-IC2b) yang memiliki tegangan referensi pada input pembalik mereka ditetapkan oleh 10-gilirannya trimpots VR1, VR2 & VR3. Output dari komparator setiap diterapkan melalui jaringan lain RC ke pintu gerbang dari sebuah SCR. Anoda dari tiga SCRs yang commoned terhubung ke input pembalik komparator yang tersisa, IC2a.
Non-inverting input diatur ke 2,3 V dengan trimpot VR4. Dalam penggunaannya, setelah Anda melebihi pengaturan kecepatan untuk komparator khususnya, terkait SCR sebentar melakukan menarik pin 2 dari IC2a rendah dan bunyi pendek yang dipancarkan oleh bel piezo. Kemudian, jika anda melebihi pengaturan kecepatan berikutnya, bip lain akan didengar. Idenya adalah membuat setiap setelan kecepatan beberapa km / jam lebih tinggi dari yang sebenarnya sehingga jika Anda mengemudi pada kecepatan yang benar di zona tertentu, buzzer tidak akan terdengar. Tetapi karena Anda meningkatkan kecepatan, buzzer akan berbunyi beep sekali karena Anda melebihi pengaturan kecepatan untuk setiap zona. Dengan cara ini, tidak ada kebutuhan untuk terus beralih pengaturan kecepatan seperti yang Anda melewati zona yang berbeda dan Anda dapat memilih untuk mengabaikan beep yang tidak "ilegal".


Source: extremecircuits.net
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser