-->
Pengatur Suhu Ruangan Elektronik

Pengatur Suhu Ruangan Elektronik

Pengatur Suhu Ruangan Elektronik

Skema Rangkaian Pengatur Suhu Elektronik ini dirancang menggunakan L121 sirkuit terpadu diproduksi oleh SGS THOMSON. Sirkuit ini dapat digunakan untuk mengatur suhu di dalam kendaraan atau pada rangkaian Power Suplay. Rangkaian ini menggunakan tegangan suplay 12 Volt. Rangkaian elektronik ini memungkinkan suhu yang diinginkan di dalam ruangan yang bervariasi antara dua batas. Suhu ruangan dideteksi oleh NTC termistor (koefisien temperatur negatif) dengan nilai nominal 47 K pada 25 ° C.

Penurunan tegangan pada termistor yang digunakan untuk mengatur tingkat ke salah satu input dari L121 penguat operasional. Ambang ini menentukan output penguat operasional sirkuit beralih urutan integrasi. Potensiometer P2 menyesuaikan input kedua dari penguat operasional yang sama dan digunakan untuk meresepkan suhu di mana sirkuit masuk ke dalam operasi.

Bila suhu di dalam ruang meningkat, resistansi thermistor menurun, dan akan menyebabkan tegangan di pin 3 menurun. Setelah beberapa waktu, himpunan P2 tercapai, menyebabkan rangkaian logika tipping dari IC1. Ini akan menentukan input ke T1 konduksi transistor, yang akan menghidupkan kipas angin sehingga menghasilkan udara dingin. Setelah suhu turun pada batas nilai yang ditentukan oleh P1, rangkaian kontrol akan mematikan kipas angin kembali.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser