-->
37 Led bisa nyala hanya dengan 1 baterai 1.5 volt

37 Led bisa nyala hanya dengan 1 baterai 1.5 volt

37 Led bisa nyala hanya dengan 1 baterai 1.5 volt

Judul diatas mungkin sangat berlebihan karena 1 buah led hanya bisa nyala apabila diberi tegangan 3 volt atau dengan 2 buah baterai apalagi kalau sampai 37 Led? secara akal sehat mungkin jawabannya mustahil, namun kenyataannya ternyata 37 Led bisa nyala hanya dengan 1 batu baterai yang bertegangan 1.5 volt. Ingin tahu kuncinya? Kuncinya adalah penerapan rangkaian Joule Thief. Bagaimana cara merangkai rangkaian joule thief?
Tentunya semua orang bisa merangkainya karena sangatlah sederhana. Hanya dengan menambahkan lilitan pada rangkaiannya.

Lampu hemat energi yang kita pakai itu ternyata memakai rangkaian joule thief makanya cahayanya bisa terang walaupun dengan daya (watt) yang rendah. Kalau anda tidak percaya coba anda bongkar rangkaian didalamnya pasti anda akan menemukan lilitan. Dengan penambahan lilitanlah Lampu Led bisa menyala, karena dengan penambahan lilitan tegangan yang keluar menjadi berlipat.


Untuk mendapatkan Ferit atau Toroid bundar, buka lampu hemat energi yang sudah rusak, lihat didalamnya ada ferid berbentuk lingkaran, ambil juga kabel yang melingkarinya.


Lalu bikin lilitan seperti dibawah ini.










Setelah selesai membuat lilitan kemudian anda rangkai komponennya seperti pada rangkaian diatas, maka Led sekarang akan menyala. Nah, untuk mengetahui cara merangkai dengan 37 buah Led anda ikuti hasil percobaan teman saya Uncle Zak Disini. Selamat berkreasi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser