-->
Rangkaian Sensor Jarak Magnetik

Rangkaian Sensor Jarak Magnetik

Rangkaian Sensor Jarak Magnetik

Berikut ini adalah Rangkaian Sensor Kedekatan Magnetik yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Sirkuit ini di dasari oleh sensor kedekatan reed switch. Reed switch akan akan bekerja ketika medan magnet mendekatinya sehingga sakelar pada reed switch akan tertutup sehingga rangkaian akan bekerja. Output dari reed switch dilanjutkan ke rangkaian multivibrator monostable NE555 dan rangkaian toggle flip flop CD4013 sebagai rangkaian akhir.

rangkaian magnetic proximity sensors  Skema rangkaian magnetic proximity sensors
magnetic reed switch magnetic reed switch sensor

Cara Kerja Rangkaian:
Ketika sensor magnet Reed switch di dekati medan magnet maka kontak reed switch akan tertutup sehingga akan mentrigger IC1 dalam mode monostable, akibatnya  outputnya pada pin 3 menjadi tinggi pada durasi pendek dan mensuplai pewaktuan ke clock input pin 3 CD4013. LED D2 digunakan sebagai indikator respon.

IC2 CMOS ini terdiri dari dua independen sandal jepit meskipun di sini hanya satu yang digunakan . Perhatikan bahwa flip-flop adalah wired dalam mode beralih dengan masukan data ( pin 5 ) terhubung ke keluaran Q ( pin 2 ). Pada saat menerima pulsa clock , keluaran Q berubah status dari rendah ke tinggi dan karena ini relay driver transistor T1 menjadi bias . Akibatnya relai bekerja.

Catatan:
Reed switch yang digunakan adalah reed switch dengan jenis terbuka.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser